Menggambar (Kampanye Anti Ngganyami-ngganyamian)

Waktu menunjukan pukul 20.00 Waktu Indonesia bagian Galau. Dari tadi baca koran bolak-nalik nggak ada yang “ngeh”. Beritanya itu-itu melulu. Bikin jenuh semua organ tubuh. Gak ada yang bisa bikin imajinasi melayang, ngeplaaaaayyyyyy…..

 

Baringan aja di kasur sambil baca-baca sajaknya Nirwan Dewanto.

 

Si Haikal masuk sambil nenteng se-pack Crayon di tangan. Haikal itu sepupuku umur 6 tahun, tapi masih TK. Padahal aku aja dulu masuk SD pas umur belum genep segitu.

 

Waduh bahaya. Martil di tangan anak kecil, semua tampak kaya paku. Kalau Crayon? ya sama aja! Bahaya, nih, pasti bakal corat-coret semaunya. Gimana ya? apa mesti pake strategi Sisilia? Menyisir dari kanan lalu langsung tembak aja?

 

Saudara sekalian mungkin berfikir kalau saya ini lebay. Padahal enggak. Situ aja yang mikirnya lebay. Diantara semua sepupuku yang masih kecil-kecil, yaaa si Haikal ini yang paling bandel. Gak bisa di tuturi babar plontas.

 

“Mas Muiz, maen game dong…” sambil mungut hapeku.

 

“Gak bisa, rusak tuh hape.”

 

“yaaaaahhh…. Pelit!”

 

“emang…”

 

Dibilang pelit juga gak papa. Sama anak kecil ini. Tapi beneran! Hapeku emang lagi rusak!

 

Lagi males ngladenin. Tak cuekin aja aaahhh… Ntar juga bosen sendiri. Trus keluar deh. Soalnya kalau dipaksa suruh keluar juga pastinya malah nangis.

 

Dia asik maen sendiri sama mobil-mobilannya.

Aku juga asik sendiri.

 

Satu menit…

 

Dua menit…

 

Tiga menit…

 

Aman…

 

Aku tengkurap aja di kasur, masih baca sajak tadi. Gak nahan juga. Aku lirik. Tuh, kan….! Dia lagi asik nggambar di tembok. Pake crayon, lagi! Gambar macem-macem: ada mobil, ada rumah, ada gunung kembar juga (katanya sih pemandangan gitu…)

 

“Eh… Eh… Jangan pake corat-coret di tembok dong.”Kataku.

 

“Lahhhh….” jawabnya pake rengekan.

 

Gawat

 

Gimana ya?

 

Mikir

 

Muter otak

 

Otaknya diputerin

 

Ting…! I’ve a good idea!

 

Aku ambil koran bekas yang numpuk di pojok kepala kasur. Buka-buka. Cari koran yang banyak gambarnya. Aku ambil satu crayon yang nyecer berantakan di kasur. Trus sambil pasang muka cuek tapi asik, mulai ngewarnain gambar-gambarnya.

 

So Haikal ngelirik. Kayaknya sih iri.

 

Mendekat mau ngeliat, “ikutan dong…”, katanya.

 

“Gak boleh…” kataku sambil terus pasang muka gaya kaya tadi. Pake mood orang yang lagi asik banget. Sok serius.

 

Hahaha… <upeng tuh.

 

“Ahhh… Ikutan dong…” makin merengek dia.

 

“Gak mau!”. Wkkkkk…

 

Pas kayaknya udah hampir nangis, baru deh aku kasih tuh koran.

 

Berhasil!

 

Setelah itu bisa di tebak hadirin-hadirot. Dia malah asik ngasihin warna macem-macem gambar yang di koran itu.

 

Pasti ketagihan nih, pikirku.

 

Aku ambil lagi tiga lembar koran bekas, “nih, ada lagi…”

 

“ini diwarnainnya pake warna apa aja, Mas?” Dia nanya.

Aku diemin.

 

TErus lompat dari kasur. Keluar.

 

Yes!

 

Dia lagi asik. Pasti gak bakal ngrengek minta ikut.

 

Hahaha…

 

Ngluyur keluar.

 

Ngadepin anak kecil juga gak mesti kudu pake marah-marahan, gentak-gentakkan dan sejenisnya yang menyita energi.

 

Percaya gak percaya, Senyum itu cuma butuh gerakan otot sedikit dibanding cemberut. Masih ngotot gak percaya? baca aja di kompas.com rubrik Health. Cari aja sendiri. Aku aja dapet nyari. Jahat sekali dan gak adil rasanya kalau yang aku aja dapet nyari sendiri, tapi situ malah minta dikasih. Gak beda sama Minta doa ke Tuhan terus marah-marah karena gak lekas di kabul. Pengen nyambung? ya dipikir dong… Wkkkk…..

 

nb:

Ngganyami=Memarahi

 

Neraka, 06 Dec 2010

2 Balasan ke Menggambar (Kampanye Anti Ngganyami-ngganyamian)

  1. MENONE mengatakan:

    allow sobatt pa kabar……salam persahabatan dr menone

  2. muhamadmuiz mengatakan:

    Salam persahabatan juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: